Selasa, 28 Maret 2017

IPTEK TERPADU - PRODI PGSD FKIP UBT

KONSEP DASAR PEMBELAJARAN TERPADU

A.  Pengertian Pembelajaran Terpadu
Ada dua istilah yang memiliki hubungan yang saling terkait, yaitu kurikulum terpadu (integrated curriculum) dan pembelajaran terpadu (integrated learning).
1.   Kurikulum terpadu adalah kurikulum yang menggabungkan sejumlah disiplin ilmu melalui pemaduan isi, ketrampilan, dan sikap (Wolfinger,1994:133). Rasional pemaduan itu disebabkan oleh beberapa hal berikut:
a.   Pengalaman belajar bersifat interdisipliner sehingga diperlukan multi-skill
b.   Tuntutan interaksi kolaboratif
c.   Memudahkan anaka membuat hubungan antarskemata
d.   Efesiensi
e.   Tuntutan keterlibatan anak tinggi dalam proses pembelajaran

2.   Pembelajaran terpadu sebagai suatu konsep dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Bermakna artinya siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan mengbungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Menurut Aminudin, (1994). Pengertian pembelajaran terpadu dapat dilihat sebagai berikut:
a. Suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling serta dalam rentang kemampuan dan perkembangan anak;
b. Suatu cara untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan anak secara serempak (simultan);
c. Merakit atau menggabungkan sejumlah konsep dalam beberapa mata pelajaran yang berbeda, dengan harapan siswa akan belajar dengan lebih baik dan bermakna.
d. Menurut Anda dimana letak perbedaannya antara konsepsi kurikulum terpadu dengan pembelajaran terpadu? Apakah dari segi perencanaan dan pelaksanaannya.

B.  Karakteristik Pembelajaran Terpadu
1.   Berpusat pada siswa (student centered)
2.   Memberikan pengalaman langsung kepada siswa (direct experiences)
3.   Pemisahan antarmata pelajaran tidak begitu jelas.
4.   Menyajikan konsep-konsep dari mata pelajaran dalam sutu proses pembelajaran
5.   Bersifat luwes (fleksibel)
6.   Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.

Beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu di antaranya:
a.   Kompetensi dasar dalam kurikulm 2004 masih terpisah-pisah kedalam mata pelajaran mata pelajaran yang ada.
b.   Pelaksanannya dibutuhkan sarana dan prasana belajar yang memadai untuk mencapai kompetensi dasar secara optimal.
c.   Belum semua guru sekolah dasar memahami konsep pembelajaran terpadu secara utuh.

C.  Landasan Pembelajaran Terpadu
Landasan ini pada hakikatnya adalah faktor-faktor yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan oleh para guru pada waktu merencanakan, melaksanakan, serta menilai proses dan hasil pembelajaran.
1.   Landasan filosofis
Perumusan kompetensi dan materi pada dasarnya bergantung pada pertimbangan-pertimbangan filosofis. Ada tiga aliran filsafat sebagai berikut:
a.  Aliran progresivisme menekankan pada penekanan kreativitas, pemberian sejumlah kegiatan, suasana yang alamiah dan memperhatikan pengalaman siswa. Dengan kata lain proses pembelajaran bersifat mekanistis (Ellis, 1993).
b. Aliran konstruktivisme melihat pengalaman langsung siswa (direct experiences) sebagai kunci dalam pembelajaran.
c.  Aliran humanisme melihat siswa dari segi keunikan, potensi dan motivasi yang dimilikinya.
2.   Landasan Psikologis
Berkaitan dengan psikologi perkembangan peserta didik dan teori belajar. Tugas utama guru membantu mengoptimalkan perkembangan siswa seperti perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan moral melalui proses belajar. Pandangan Psikologis yang melandasi pembelajaran terpadu sebagai berikut.
a.  Pada dasarnya masing-masing siswa membangun realitasnya sendiri.
b. Pikiran seseorang pada dasarnya mempunyai kemampuan untuk mencari pola dan hubungan antara gagasan yang ada.
c. Pada dasarnya siswa adalah seorang individu dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya dan mempunyai kesempatan untuk berkembang.
d. Keseluruhan perkembangan anaka adalah terpadu dan anak melihat dirinya dan sekitarnya secara utuh (holistik).
3.   Landasan Praktis
Berkaitan dengan kondisi-kondisi nyata yang pada umumnya terjadi dalam proses pembelajaran saat ini, sehingga harus mendapat perhatian dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu. landasan praktis dalam pembelajaran terpadu sebagai berikut.
a. Perkembangan ilmu pengetahuan begitu cepat sehingga terlalu banyak informasi yang harus dimuat dalam kurikulum.
b. Hamper semua pelajaran di sekolah diberikan secara terpisah satu sama lain, padahal seharusnya saling terkait.
c. Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran sekarang ini cenderung lebih bersifat lintas mata pelajaran (interdisipliner) sehingga dipelukan usaha kolaboratif antara berbagai mata pelajaran untuk memecahkannya.
d. Kesenjangan yang terjadi antara teori dan praktek dapat dipersempit dengan pembelajaran terpadu sehingga siswa akan mampu berfikir teoritis dan pada saat yang sama mampu berpikir praktis.
4.   Perlu dipertimbangkan landasan IPTEK
Untuk menyelaraskan materi pembelajaran terpadu dengan perkembangan dan kemajuan yang terjadi dalam dunia IPTEK, baik secara langsung maupun tidak langsung.

D.  Prinsip-Prinsip Pembelajaran Terpadu
Dalam proses penggalian tema-tema perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
1.   Tidak terlalu luas.
2.   Harus bermakna
3.   Disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa
4.   Sebagian besar minat siswa
5.   Mempertimbangkan peristiwa yang otentik
6.   Mempertimbangkan kurikulum yang berlaku
7.   Mempertimbangkan ketersediaan sumber belajar.

Dalam proses pelaksanaan pembelajaran terpadu perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
1.   Guru hendaknya tidak otoriter yang mendominasi aktivitas pembelajaran
2.   Pemberian tanggung jawab individu dan kelompok harus jelas dalam setiap tugas
3. Guru perlu bersikap akomodatif terhadap ide-ide yang tidak terpikirkan dalam perencanaan pembelajaran

Dalam proses penilaian pembelajaran terpadu perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
1.   Memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan penilaian diri (self evaluation) di samping bentuk penilaian lainnya.
2.   Guru perlu mengajak para siswa untuk menilai perolehan belajar yang telah dicapai berdasarkan kriteria keberhasilam pencapaian tujuan dan kompetensi yang telah disepakati.

E.  MANFAAT PEMBELAJARAN TERPADU
Beberapa manfaat yang dipetik dalam pembelajaran terpadu, antara lain:
1. Menggabungkan berbagai mata pelajaran akan terjadi penghematan karena tumpang tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan.
2. Siswa melihat hubungan-hubungan yang bermakna sebab materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat
3.  Meningkatakan taraf kecakapan berpikir siswa
4.  Kemungkinan pembelajaran yang terpotong-potong sedikit sekali terjadi
5.  Memberikan penerapan-penerapan dunia nyata
6. Pemaduan antarmata pelajaran diharapkan penguasaaan materi akan semakin baik dan meningkat
7. Pengalaman belajar antarmata pelajaran sangat positif untuk membentuk pendekatan menyeluruh pembelajaran terhadap pengembangan ilmu pengetahuan
8. Motivasi dapat diperbaiki dan ditingkatkan dalam pembelajaran antarmata pelajaran
9. Membantu menciptakan struktur kognitif atau pengetrahuan awal siswa
10. Terjadi kerja sama yang lebih meningkat antara para guru, para siswa, guru-siswa dan siswa-nara sumber lain, belajar lebih menyenangkan belajar dalam situasi yang lebih nyata, dan dalam konteks yang lebih bermakna.


Datftar Pustaka


Hernawan, Asep Herry. dkk. (2009). Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta: Universitas Terbuka


46 komentar:

  1. Iqbal ramadhani ferdian
    15601050015

    Alhamdulillah, ada lah sedikit yang di pahami. Ini adalah Salah satu pedoman buat para calon guru . Mengerti tentang ilmu pengetahuan terpadu sangat lah penting buat para seluruh guru yg ada di indonesia . Materi di atas ini sangat lah bermanfaat dan berguna sekali . Saran sedikit , tambahin gambar-gambar di blog nya pak agar lebih menarik :D

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nisa Nur Adha (15601050030)

    Materi tentang konsep dasar pembelajaran terpadu yang tertuang dalam blog ini sudah cukup bagus. Mencakup hal-hal penting yg harus diketahui utk memahami Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu. Ini bisa menjadi salah satu sumber yg terpercaya bagi siswa untuk menyelesaikan sebuah soal/permasalahan mengenai pembelajaran terpadu. Hanya saja pada materi pengertian kulikulum terpadu, hal yg menyebabkan rasional pemaduan salah satunya efesiensi. Tidak di jelaskan efesiensi dalam hal apa yang di maksud. Tapi. Sejauh ini yg saya baca blog ini baik dan sangat bermanfaat. Sukses buat bapak ☺

    BalasHapus
  4. Muhammad Yasin (15601050017)

    Materi tentang konsep dasar pembelajaran terpadu yang ada didalam blog ini sudah cukup bagus. Dengan adanya blog ini mahasiswa dan siswa dapat menjadikan salah satu sumber untuk mengerjakan tugas yang berhubungan dengan iptek terpadu. Dalam blog ini juga sudah menyertai landasan, karkteristik, prinsip, dan manfaat iptek terpadu sehingga pembaca tidak perlu lagi mencari sumber lain untuk mecari apa saja landasan iptek atau manfaat iptek. Hanya saja pada pengertian pembelajaran terpadu ada kalimat tanya. Menurut saya seharusnya kalimat tanya di ubah menjadi kalimat penjelasan agar pembaca lebih memaham. Selebihnya blog ini sangat bermanfaat. Sukses terus buat bapak.

    BalasHapus
  5. Elmawanti (15601050008)
    Materi konsep dasar terpadu yang tertuang dalam blog ini sudah bagus. Dimana pembahasan materi sudah cukup jelas. Hanya saja, dalam pembahasan materi ini masih kurang contoh, seperti contoh mata pelajaran yang bisa dipadukan. selebihnya sudah bagus dan dapat bermanfaat bagi saya dan semua orang dalam menambah ilmu pengetahuan. Terima kasih pak.

    BalasHapus
  6. Nasrudin (15601050034)
    .
    Sangat membantu. Semoga dengan adanya blog ini, diharapkan dapat memudahkan para pembaca dalam menggali ilmu pengetahuan nya, dan semoga blog ini dapat di manfaatkan sebaik baiknya oleh pembaca

    BalasHapus
  7. Nasrudin (15601050034)
    .
    Sangat membantu. Semoga dengan adanya blog ini, diharapkan dapat memudahkan para pembaca dalam menggali ilmu pengetahuan nya, dan semoga blog ini dapat di manfaatkan sebaik baiknya oleh pembaca

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Rizna (15601050033)
    Penyajian materi di dalam blog ini sudah bagus, tapi alangkah lebih bagus jika disertai dengan contoh pada masing-masing teori/konsep yang dibahas. Sehingga dapat memudahkan pembaca untuk memahami dan mengerti tentang materi yang dibahas.

    BalasHapus
  10. Fiki Chandra Tari (15601050018)

    Materi konsep dasar pembelajaran terpadu pada blog ini sudah cukup bagus dan jelas. Tapi sebaiknya memberikan contoh bagaimana cara memadukan antara mata pelajaran, karena kendala dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu, belum semua guru sekolah dasar memahami konsep pembelajaran terpadu secara utuh. Tapi menurut saya, selebihnya sudah bagus dan bermanfaat. Terima kasih pak.

    BalasHapus
  11. Diah Ayu Puspita Sarie (15601050003)

    Materi tentang Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu yang ada didalam blog ini sudah cukup bagus. Dengan adanya blog ini mahasiswa maupun orang-orang yang ingin mengetahui dan menggali pengetahuan mengenai Iptek Terpadu merasa sangat terbantu. Isi materi didalamnya sudah sangat jelas dan tidak ada materi yang menimbulkan miskonsepsi. Hanya saja alangkah lebih baik jika didalam isi materi terdapat kata istilah agar lebih diperjelas dengan memberikan arti, contohnya kata antarskemata. Dan juga alangkah lebih baik jika blog ini lebih diberi warna dan tema yang menarik. Tetapi secara keseluruhan blok ini sangat membantu serta bermanfaat. Sukses terus untuk Bapak dan Terima Kasih atas Ilmunya.

    BalasHapus
  12. Agnesia Leny Perada (15601050038)
    Materi pada blog ini sudah bagus, sangat membantu mahasiswa dan guru yang ingin memahami tentang pembelajaran terpadu. Namun, pada materi karakteristik ada penjelasan tentang kendala dalam pelaksaan kurikulum terpadu hanya pada kurikulum 2004 sebaiknya dijelaskan kendala pada kurikulum yang sedang dipakai di Indonesia yaitu kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Kemudian, ada beberapa pengertaian menurut beberapa ahli namun tidak dicantumkan dalam daftar pustaka. Semoga terus berkarya agar semakin banyak mahasiswa dan guru yang mendapatkan manfaat dari blog ini.

    BalasHapus
  13. Ina Prastaya Ningsih (15601050036)
    Luar biasa dan sangat membantu. Bisa menjadi sumber referensi untuk makalah ataupun yang lainnya. Jika ada mahasiswa yang mencari referensi mengenai Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu bisa mengambil langsung dari blog ini.
    Saran saya pada materi di blog ini, pada "karakteristik pembelajaran terpadu" di berikan solusi agar kendala tersebut bisa di atasi, terutama pada poin ke 3 (Belum semua guru sekolah dasar memahami konsep pembelajaran terpadu secara utuh). Menurut saya salah satu cara umum yang biasa dilakukan yaitu dengan cara sosialisasi, mungkin orang lain juga memiliki pendapat berbeda dalam mengatasi permasalahan tersebut.
    Terima kasih dan sukses selalu untuk bapak.

    BalasHapus
  14. Devi Nur Ajizah (15601050028)
    Menurut saya, blog ini sangat bermanfaat. Blog ini dapat membantu kami untuk mendapatkan berbagai informasi. Seperti pada topik ini yaitu pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu sesungguhnya merupakan pembelajaran yang cocok diterapkan pada siswa sd. Pembelajaran terpadu melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Sehingga pembelajaran terpadu ini sangat direkomendasikan namun bagi calon guru dan guru harus memahami betul mengenai cara melaksanakan pembelajaran terpadu, sehingga tidak akan salah dalam mempraktekannya.

    BalasHapus
  15. Rizal Effendy ( 15601050012 )
    Materi pada blog ini sudah bagus, tetapi akan lebih baik lagi jika ditambahkan referensi pada buku-buku yang lain yang berkaitan dengan pembelajaran terpadu, agar materi lebih luas dan semakin baik dan juga jika bisa ditambahkan beberapa gambar supaya lebih menarik bagi para pembaca. tetapi secara keseluruhan isi dalam blog ini sudah bagus dan baik dapat membantu mahasiswa/i untuk mengerti dan memahami materi yang ada didalamnya . sukses terus bapak terima kasih ilmunya

    BalasHapus
  16. Winda Ika Fitriani (15.6010500.021)

    Materi tentang konsep dasar pembelajaran terpadu yang sudah saya baca diatas sudah cukup bagus. kata kata nya juga cukup jelas untuk bisa dimengerti para pembaca. materi yang disajikan pun cukup jelas sehingga mahasiswa atau para pembaca yang sedang mengerjakan tugas berhubungan dengan materi iptek terpadu bisa lebih mudah , jelas, dan paham dengan membaca blog ini, hanya saja ada satu kekurangan yang tidak ada disajikan yaitu kekurangan dan kelebihan dari pembelajaran iptek terpadu ini, tetapi setiap dibalik kekurangan pasti ada kelebihan tersendiri . blog ini sudah bagus dan sangat bermanfaat .

    BalasHapus
  17. Kasmi (15601050026)
    Materi konsep dasar pembelajaran terpadu di blog ini sudah bagus dan baik. Namun, pada materi perlu dipertimbangkan landasan IPTEK kurang di jelaskan lebih rinci untuk itu alangkah baiknya jika materi tersebut lebih di perjelas lagi maksudnya agar pembaca mudah mengerti dan memahaminya dan alangkah baiknya lagi apabila di berikan contoh pada materi yang dibahas. Selebihnya sudah bagus dan sangat bermanfaat. Terima kasih dan sukses terus untuk bapak.

    BalasHapus
  18. Dewi Handayani (15601050014)
    Menurut saya blog ini sudah baik, dalam hal penjelasan materi mengenai pembelajaran IPTEK terpadu. Penulisannya pun sudah baik dan bagus, tersusun dengan sangat sistematis. Di dalam blog ini juga terdapat materi yang di sampaikan dengan ringkasan-ringkasan dan tidak terlalu bertele-tele, karena hal-hal yang penting saja. Hanya saja, daftar pustaka bisa ditambah lagi agar referensi dalam blog ini dapat bertambah. Blog ini juga sangat bermanfaat dalam mencari informasi mengenai pembelajaran IPTEK terpadu dengan begitu siapa saja yang mengakses blog ini dapat terbantu. Terima kasih, sukses buat bapak

    BalasHapus
  19. Nurfitri Kahar (15601050025)
    materi yang ada di blog ini sudah bagus dan membantu mahasiswa atau guru memahami Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu. Dengan adanya blog ini mahasiswa sangat terbantu untuk mengetahui atau ingin menggali pengetahuan nya dalam pembelajaran terpadu. alangkah baiknya ditambahkan contoh penerapan pembelajaran terpadu. Tetapi secara keseluruhan materi ini sudah bagus dan bermaanfaat.
    Sukses terus untuk Bapak dan Terima Kasih atas Ilmunya.

    BalasHapus
  20. Rizky Ariany (15601050039)

    Penyajian materi konsep dasar pembelajaran terpadu yang tertuang dalam blog ini sudah cukup bagus. Materi yang disajikan sangat bermanfaat sebagai pengantar awal pembaca untuk memahami suatu konsep pembelajaran terpadu. Akan tetapi, sebaiknya ditambahkan contoh pada setiap pembahasan dan juga model-model pembelajaran terpadu agar pembaca lebih memahaminya. Terima kasih pak telah berbagi ilmu pengetahuan kepada kami dan semoga bermanfaat bagi yang lain.

    BalasHapus
  21. Dessy Putri Amelia (15601050010)
    Dalam penyajian materi (judul) menurut saya sudah baik, singkat dan jelas. Sangat bermanfaat untuk dijadikan salah satu referensi belajar. Sedikit saran, agar dalam penyajian selanjutnya bapak bisa memaparkan materi dengan menggunakan kata-kata yang lebih sederhana agar lebih mudah dipahami. Untuk setiap poin-poinnya juga pak, sekiranya ditambahkan lagi penjelasan atau contoh agar lebih mudah dipahami. Kemudian tambahkan beberapa gambar/animasi/kartun pendidikan dan sebagainya. Terima kasih.

    BalasHapus
  22. Melda (15.601050.005)

    materi konsep dasar pembelajaran terpadu pada yang disajikan pada blog ini sudah baik, materi yang di sajikan dari pengertian sampai pembahasannya tersusun sangat baik sehingga ketika di baca para pembaca mudah memahami materi tersebut karena susunan materi dari awal sudah tersusun dengan rapi, namun untuk sedikit tambahan sebaiknya menyertakan kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran terpadu ini agar para pembaca semakin lebih memahami dan memiliki wawasan yang luas lagi.terima kasih buat ilmu yang bapak bagikan semoga bermanfaat bagi kami dan yang membacanya, sukses buat bapak .

    BalasHapus
  23. Nindi Ariyanti (15601050016)
    dari penyajian di dalam materi konsep dasar pembelajaran terpadu yang saya baca di dalam blog ini sudah bagus. Dari materi ini saya dapat belajar banyak lagi tentang konsep dasar pembelajaran terpadu. Saya merasa dengan adanya blog ini dapat menambah ilmu saya lebih banyak lagi. namun alangkah lebih baiknya jika diberikan contoh-contoh dan gambar agar lebih menarik lagi dan lebih di pahami lagi. terimakasih atas ilmu yang sudah bapak bagikan di dalam blog ini.

    BalasHapus
  24. Ella Umaniar (15601050001) Menurut saya pada blog ini dengan materi yang ada yaitu konsep dasar pembelajaran iptek terpadu, sudah sangat baik dan sangat jelas. Dengan adanya blog ini kita bisa mengenal dan mengetahui lebih rinci tentang konsep dasar pembelajaran iptek terpadu. Karena didalam nya mencakup tentang karakterisik, prinsip-prinsip, manfaat dan landasannya. Akan tetapi alangkah lebih baik didalamnya juga dimasukkan beberapa kelemahan dan kelebihan dalam konsep dasar pembelajaran iptek terpadu, serta sebaiknya menambahkan beberapa contoh agar lebih mudah dimengerti. Tapi dari semua aspek yang sudah tercantum didalamnya sudah lebih baik dan bisa dimengerti.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  26. Risca Handayani (15601050004)
    Materi Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu ini sangat bermanfaat bagi pembaca terutama untuk calon guru seperti kami. Dengan adanya informasi dalam blog ini kami mendapatkan pengetahuan awal tentang pembelajaran terpadu. Penjelasan dalam blog ini sudah bagus, alangkah baiknya dalam blog ini juga mencantumkan model-model pembelajaran terpadu sehingga bagi para calon guru seperti kami mendapat pengetahuan awal tentang bagaimana cara penerapan model pembelajaran terpadu kepada peserta didik. Terima kasih atas ilmu yang bapak sampaikan. Blog ini sangat bermanfaat bagi kami.

    BalasHapus
  27. Yessi Sarnia (15601050031)
    pembelajaran IPTEK TERPADU ini sangat bermanfaat sekali bagi para guru atau calon guru yang akan memberikan generasi muda yang berkualitas. dari blog inipun sudah cukup baik dalam penjelasan materi dan kata-katanya sudah mudah dipahami. namun, ada sedikit masukan dari saya sebaiknya dalam Daftar Pustaka alangkah baiknya jangan mengambil hanya dari satu sumber saja. melainkan dapat mengambil dari berbagai sumber, agar Referensi dalam Daftar Pustaka lebih beragam. terima kasih atas pemberian ilmu dari bapak semoga selalu memberikan ilmu yang bermanfaat lagi.

    BalasHapus
  28. windyanti pangestu dewi (15.601050.029)

    menurut saya, dari blog ini sudah bagus akan tetapi menurut saya alangkah baiknya jika ditambahkan dengan model-model pembelajaran terpadu, tpi ini saja sudah baik dan saya bisa menambah atau meningkatkan lagi pemahaman saya tentang konsep dasar pembelajaran terpadu. terima kasih atas ilmu yang telah bapak berikan dari blog ini, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  29. Arfandi Nur Akbar (15601050002)
    dari penyajian materi pembelajaran terpadu di blogspot ini sudah bagus dan singkat. dari penyajiannya pun sudah rapi dan sistematis sehingga mudah dapat dipahami oleh pembaca. dari materi ini saya mendapatkan wawasan lebih tentang konsep pembelajaran terpadu ini. namun, alangkah baiknya jika diberikan contoh-contoh penerapannya. semoga yang membaca blogspot ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semua orang. terima kasih

    BalasHapus
  30. Yeni Sari (15601050027)
    blog ini sangat bagus dan membantu bagi para calon guru. menggunakan bahasa-bahasa yang mudah di pahami oleh pembacanya. Penjelasan mengenai konsep dasar pembelajaran terpadu memberikan ilmu yang lebih bagi para pembaca. mungkin alangkah lebih baik jika menambahkan contoh-contoh seperti contoh mata pembalajaran yang berbeda yang dapat digabungkan sehingga menjadi pembelajaran terpadu. namun ini sudah sangat membantu . terima kasih banyak, di tunggu ilmu-ilmu yang bermanfaatan selanjutnya pak :)

    BalasHapus
  31. Rismawati (15601050006)
    Materi yang dikaji dalam blog ini sudah sangat bagus, yaitu pembahasan tentang konsep dasar pembelajaran terpadu. Dengan adanya blog ini kita sebagai mahasiswa dapat banyak belajar dengan sumber yang terpercaya, begitupun dengan guru-guru yang lain dapat mengambil referensi dari blog ini. Terima kasih atas ilmunya dan sukses selalu pak.

    BalasHapus
  32. Nurul Ain Auirah (15601050019)

    Menurut saya pembelajaran tentang Iptek Terpadu yang ada di blog ini sudah baik dan sangat bermanfaat bagi kami, materi yang tercantum didalamnya sangat mudah untuk di pahami, tetapi lebih baiknya lagi di berikan contoh agar pembaca lebih mudah mengerti dan memahami . semoga blog ini bisa bermanfaat bagi para pembaca . Amin. Terimakasih sukses terus untuk bapak.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Dicka Nurhidayanti (15.601050.009)
    materi konsep dasar pembelajaran terpadu dalam blog ini sangat bagus dan blog ini juga sangat bermanfaat sekali bagi semua kalangan. penjelasan dalam blog ini singkat tapi mudah dipahami. materi yang tertuang dalam blog ini pun sudah jelas, namun kurang contoh dalam teori, pendapat para ahli yang ada dalam blog ini juga tidak dicantumkan dalam daftar pustaka. selebihnya sudah bagus. terima kasih pak blognya sangat membantu menambah wawasan ilmu pengetahuan. ditunggu ilmu-ilmu selanjutnya pak.

    BalasHapus
  35. Irmalasari (15.601050.013)

    menurut saya, blog ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang mendapatkan tugas mengenai materi konsep dasar pembelajaran terpadu seperti kami calon guru. Karena dalam blog ini menjelaskan secara singkat dan jelas. Mungkin ada beberapa yang kurang dalam blog ini yaitu kurangnya contoh-contoh dalam setiap penjelasan, tidak ada kelebihan dan kekurangan pembelajaran terpadu dan tidak ada model-model pembelajaran terpadu. selebihnya materi ini sangat bagus banget. sangat membantu kami dan membantu mahasiswa yang lain dalam mencari materi tentang konsep dasar pembelajaran terpadu. terima kasih pak dengan blog ini kami jauh lebih mengerti dengan materi ini. semangat terus pak, untuk selalu memberikan kami ilmu-ilmu yang belum kami pahami lebih lanjut.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Rahmah Nur Ramdlana
    (15601050024)
    Materi tentang konsep dasar pembelajaran terpadu ini sudah sangat bagus dan mudah dipahami. Materinya lengkap dan jelas walaupun ada beberapa kata yang salah ketik hehehe. Materi ini menambah pengetahuan saya dan bermanfaat bagi saya sebagai bahan materi perkuliahan. Menurut saya akan lebih baik pada kendala dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu itu ditambahkan dengan solusinya pak. Selain itu jika ditambahkan glosarium, para pembaca akan lebih paham karena banyak kata-kata istilah yang belum dipahami artinya pak. Terima kasih pak.

    BalasHapus
  38. Nurlia (15601050023)
    Materi Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu yang telah dipaparkan di dalam blog ini sudah sangat baik dan jelas. Baik dari pengertian, karakteristik, landasan, prinsip, dan manfaatnya itu sendiri.
    Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Manfaat dari pembelajaran terpadu yaitu banyak topik-topik yang tertuang disetiap mata pelajaran mempunyai keterkaitan konsep yang dipelajari oleh siswa. Oleh itu guru dituntut harus mampu merancang dan melaksanakan program pengalaman belajar dengan tepat. Sedikit saran dari saya, alangkah lebih baiknya jika ditambahkan beberapa poin lagi yang pertama, contoh mata pelajaran yang dapat dikaitkan atau dipadukan satu sama lain antar mata pelajaran. Karena penting bagi guru, harus pandai dalam memilih topik yang pas dalam membimbing pembelajaran. Kedua, perlunya ditambahkan model-model pembelajaran terpadu yang nantinya akan bermanfaat bagi guru dan mahasiswa dalam memahami, dan menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik yang mampu menerapkan pembelajaran tersebut menjadi efektif dan efisien. Selain itu dalam rangka implementasi Standar Isi yang termuat dalam Standar Nasional Pendidikan, maka pembelajaran terpadu sangat penting untuk dilaksanakan di tingkat sekolah dasar, agar pembelajaran di kelas tidak monoton, menyenangkan serta bermakna bagi kehidupan peserta didik.
    Terima kasih banyak pak, berguna sekali postingannya bagi saya, dan kawan mahasiswa lainnya.

    BalasHapus
  39. Herianti (15601050007)
    Materi konsep dasar IPTEK Terpadu pada blog ini saya rasa sudah sangat baik, sangat berguna untuk guru maupun mahasiswa. Materi sudah cukup bagus menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan tidak berbelit-belit. Akan tetapi, ada sedikit kesalahan dalam penulisan kata-kata. Dan juga alangkah baiknya jika pada setiap teori-teori yang dituangkan terdapat contoh-contoh agar para pembaca lebih mengerti. Terima kasih pak.

    BalasHapus
  40. Roy Marthen Kondo (15601050020)
    menurut saya blog ini sudah lumayan bagus dan dapat dimengerti. materi yang ada didalam blog ini juga sangat bagus dan jelas . dari penyajian materi di blog ini yaitu konsep dasar pembelajaran terpadu, sudah sangat baik dengan adanya materi ini mahasiswa/i bisa memahami dan mengetahui tentang konsep dasar pembelajaran terpadu, alangkah lebih baiknya jika ditambahkan lagi poin-poin tentang kelemahan dan kelebihan dari materi tersebut. dan juga jika bisa ditambahkan beberapa gambar agar lebih menarik, terima kasih pak.

    BalasHapus
  41. Jumeiti Tiku Ningsih (15601050022)
    Menurut saya, penyajian materi IPTEK Terpadu dalam blog ini sudah bagus karna sudah membahas hal-hal yang penting dan di jelaskan dengan singkat padat dan tidak bertele-tele. Melalui adanya materi IPTEK Terpadu dalam blog ini dapat membantu para pembaca dalam menambah wawasan pengetahuan tentang IPTEK Terpadu terutama bagi setiap guru dan calon guru yang ada di Indonesia. Namun, dalam penyajian materi ini penulis kurang mencantumkan contoh. Jadi, alangkah lebih baik lagi jika penulis menyertakan contoh yang dapat dipahami bagi setiap para pembaca. Didalam penyajian materi ini juga kurag mencantumkan glosarium yang membuat para pembaca kesulitan jika mendapatkan kata-kata baru. saran saya sebaiknya ditambahkan gambar-gambar yang unik dan menarik dalam blog ini. sekian dari saya sukses dan terus brkarya pak, terimakasih.

    BalasHapus
  42. Melda Khristina (14.601050.025)
    Materi tentang "Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu" yang telah di sajikan dalam blog ini penjelasannya sangat bagus,singkat dan jelas. Sangat bermanfaat bagi pembaca, dan sebagai bahan referensi bagi mahasiswa. Sekian dari saya, sukses dan terus berkarya pak, terimakasih. GBU Pak :-)

    BalasHapus
  43. Rasmawati (15601050035)
    Assalamualaikum, menurut saya blog yang telah bapak isi materi mengenai IPTEK Terpadu sudah baik. Disini bapak memberikan banyak penjelasan mulai dari kurikulum terpadu hingga manfaat dari pembelajaran terpadu. Materinya sudah jelas namun menurut saya, ada beberapa yang perlu ditambahkan didalam blog ini. Seperti contoh materi atau mata pembelajaran yang dapat dipadukan dan akan menjadi lebih baik lagi jika disertakan dengan gambar. Lalu bisa menambahkan alasan mengapa terdapat beberapa guru yang tidak bisa memadukan atau tidak mau memadukan suatu pembelajaran.

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Desy Riska Yanti (1640605033)

    Assalammualaikum, menurut saya materi yang telah ditulis di blog ini mengenai media pembelajaran ( IPTEK Terpadu ) ini sudah baik. di dalam blog ini tertulis rinci menganai materi pembelajaran terpadu. mulai dari pengertian pembelajaran terpadu, karakteristik, landasan, prinsip-prinsip, dan manfaat pembelajaran terpadu. menurut saya pada Prinsip-Prinsip Pembelajaran Terpadu
    Dalam proses penggalian tema-tema poin pertama yaitu tidak terlalu luas itu mungkin saya kurang setuju. menurut saya pada pembelajaran terpadu tema tema yang digunakan dalam pembelajaran haruslah luas agar peserta didik kita pengetahuannya juga lebih luas melalui tema yang luas ini. tetapi dalam memperluas tema yang telah dipadukan haruslah melihat kondisi dan tingkat perkembangan siswa. untuk siswa di kelas bawah (1,2,3) kemungkinan memakai tema yang tidak begitu luas, sedangkan untuk kelas atas (4,5,6) kemungkinan memakai tema yang luas.

    mungkin itu saja yang bisa saya berikan masukan. jika saya ada kekurangan dalam pemakaian kata saya mohon maaf yang sebesar besarnya

    terima kasih

    BalasHapus
  46. Desy Riska Yanti (1640605033)

    Assalammualaikum, menurut saya materi yang telah ditulis di blog ini mengenai media pembelajaran ( IPTEK Terpadu ) ini sudah baik. di dalam blog ini tertulis rinci menganai materi pembelajaran terpadu. mulai dari pengertian pembelajaran terpadu, karakteristik, landasan, prinsip-prinsip, dan manfaat pembelajaran terpadu. menurut saya pada Prinsip-Prinsip Pembelajaran Terpadu
    Dalam proses penggalian tema-tema poin pertama yaitu tidak terlalu luas itu mungkin saya kurang setuju. menurut saya pada pembelajaran terpadu tema tema yang digunakan dalam pembelajaran haruslah luas agar peserta didik kita pengetahuannya juga lebih luas melalui tema yang luas ini. tetapi dalam memperluas tema yang telah dipadukan haruslah melihat kondisi dan tingkat perkembangan siswa. untuk siswa di kelas bawah (1,2,3) kemungkinan memakai tema yang tidak begitu luas, sedangkan untuk kelas atas (4,5,6) kemungkinan memakai tema yang luas.

    mungkin itu saja yang bisa saya berikan masukan. jika saya ada kekurangan dalam pemakaian kata saya mohon maaf yang sebesar besarnya

    terima kasih

    BalasHapus

Teknologi Pendidikan dan Esensinya

Istilah “teknologi” berasal dari bahasa yunani yaitu Technologis . Technie berarti seni, keahlian atau sains dan logis yang berarti il...